HUT RI – 70 TAHUN (Project Introduction)

Hey Humans!

[EDIT] PROJECT IS CLOSED AND FINISHED

Dalam rangka hari ulang tahun Republik Indonesia ke-70 tahun, saya punya rencana untuk membuat video. Video apa ya? Videonya akan berisi orang-orang warga negara Indonesia terutama diaspora Indonesia (warga negara Indonesia yang tinggal di luar negri), yang menyanyikan lagu ‘Tanah Airku’. Tidak harus jago bernyanyi, yang penting bisa mengeluarkan suara.

Video ini tidak untuk saya ataupun penonton video, tapi untuk Indonesia. Saya ingin menunjukkan bahwa kami sebagai orang Indonesia kemanapun kami pergi, kami tetap setia kepada Tanah Air. Boleh merekam sendiri, bersama keluarga, atau dengan teman-teman. Untuk membuat video ini tentu saya tidak bisa berkerja sendirian. Dengan kekuatan internet saya ingin minta bantuan anda.

Bagi diaspora, dimanapun kalian tinggal pasti ada suatu tempat / monumen unik disekitar kota kalian. Mau itu di kota kecil atau kota besar tidak ada masalah, yang penting dalam rekaman tersebut kalian rekam menyanyikan lagu ‘Tanah Airku’, dengan ini kami bisa menunjukkan bahwa “dimanapun kita berada, kita tetap jiwa orang Indonesia”. Tetapi, bernyanyi diluar akan menggaggu audio karena suara angin dan suara-suara lingkungan sekitar. Karena saya ingin melibatkan sebanyak-banyaknya suara, saya perlu rekaman suara nyanyian anda yang jelas. Caranya adalah dengan merekam suara menyanyikan lagu Tanah Airku dalam ruangan tertutup (seperti kamar tidur, tanpa adanya suara AC, TV, dll) dengan mengikuti ‘panduan nyanyian’ yang akan saya lampirkan dalam instruksi. Suara anda akan saya satukan dengan latar belakang musik yang sudah saya siapkan. Setiap orang yang terlibat akan saya tampilkan Nama, Kota dan Negara tempat tinggalnya di dalam video.

Bagi yang tidak tinggal di luar negri pun dapat terlibat, bisa merekam di depan salah satu monumen Indonesia dengan cara yang sama seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya.

INSTRUKSI :

  1. Download panduan lagu ‘Tanah Airku‘ yang sudah saya rekam. Panduan ini adalah bantuan untuk anda menyanyi lagu dengan nada dan tempo tertentu, agar dapat disatukan suaranya saat pembuatan video. (klik disini untuk download panduan)
  2. Rekam video nyanyi lagu ‘Tanah Airku’ depan tempat unik / monumen tempat tinggal (bagi yang akan mengirim audio dalam ruang tertutup boleh lip sync saat bernyanyi dalam video)
  3. Rekam audio nyanyi lagu ‘Tanah Airku’ dalam ruangan tertutup. Matikan seluruh alat sekitar yang mengganggu rekaman suara (AC, TV, Kipas, dll). Diusahakan audio menyerupai video anda dan panduan yang saya lampirkan, karena akan saya satukan audio dan videonya dengan rekaman orang lain. Saat merekam audio, boleh sambil mendengarkan panduan tetapi WAJIB gunakan headset. Karena saya hanya memerlukan suara anda.
  4. Hasil rekaman dapat dikirim kepada saya dalam website apapun. Video boleh di upload ke youtube, dropbox, atau website apapun yang bisa share video tersebut kepada saya. Audio boleh di upload ke dropbox, bagi yang tidak punya dropbox bisa melalui Facebook message atau e-mail saya.
  5. File yang sudah anda upload WAJIB untuk kirim link rekaman ke e-mail saya. Hasil rekaman anda akan saya download dan satukan dengan rekaman orang lain dan rekaman yang sudah saya siapkan. Selain link, beri data diri berupa Nama, Kota dan Negara tempat tinggal untuk saya tampilkan dalam video.
  6. Batas akhir pengiriman tanggal 31 Juli 2015. Sisa waktu akan saya gunakan untuk menyatukan seluruh video dan audio.

Ajaklah keluarga, teman-teman, dan kerabat kerjamu dengan umur berapapun untuk ikut terlibat! Kapan lagi ada proyek terbuka seperti ini dalam bentuk video untuk Indonesia? Bantu share dan ikut terlibat!

Silahkan hubungi saya bila ada pertanyaan lebih lanjut! Terima Kasih 🙂

E-mail : randomsyra@yahoo.com

Facebook Message : https://www.facebook.com/randomsyra

Panduan Lagu Tanah Airku : klik disini

Lirik Lagu Tanah Airku : klik disini

Leave a Reply

